PELETAKAN BATU PERTAMA PEMBANGUNAN MASJID SMA NEGERI 1 LUMAJANG OLEH WAKIL BUPATI LUMAJANG

Hari itu, 4 Juni 2021, tampaknya akan menjadi salah satu hari yang bersejarah bagi Keluarga Besar SMA Negeri 1 Lumajang. Pasalnya hari itu merupakan hari yang telah dipersiapkan oleh seluruh Keluarga Besar SMA Negeri 1 Lumajang. Tepatnya pukul delapan pagi, SMA Negeri 1 Lumajang mendatangkan beberapa tamu penting. Salah satunya adalah Wakil Bupati Lumajang, Ir. Hj. Indah Amperawati, M.Si.

Bukan tanpa alasan mengundang orang nomor dua di Kabupaten Lumajang itu. Beliau diundang untuk melakukan peletakan batu pertama pembangunan Masjid Fii Sabilillah SMA Negeri 1 Lumajang. Sebagai salah satu alumni SMA Negeri 1 Lumajang tahun 1985, Bunda Indah –sapaan akrab beliau—merasa sangat perlu untuk datang pada acara penting ini. Beliau datang tepat pukul 8.00 bersama Sekretaris Daerah Kabupaten Lumajang, Drs. Agus Triono, M.Si.

Kedatangan Wakil Bupati Lumajang disambut oleh Kepala SMA Negeri 1 Lumajang, Ketua Komite, dan beberapa alumni.

Dengan iringan lantunan selawat oleh grup Al Banjari SMA Negeri 1 Lumajang, para tamu dipersilakan duduk di bawah tenda di daerah rencana pembangunan masjid, yaitu di sebelah selatan bangunan sekolah. Acara diadakan dengan protokol kesehatan yang ketat, para undangan yang hadir pun telah dicek suhu badan dan dilakukan penyemprotan handsanitizer pada tangan saat memasuki area SMA Negeri 1 Lumajang.

Selain Wakil Bupati dan Sekretaris Daerah, SMA Negeri 1 Lumajang melalui Panitia Pembangunan masjid mengundang para tetangga, beberapa Kepala Dinas di sekitar sekolah, dan tentunya para alumni juga beberapa mantan kepala sekolah yang berdomisili di Lumajang. Ada sekitar 50 undangan yang hadir pada pagi hari itu.

Para undangan yang terdiri dari tetangga, alumni, dan beberapa Kepala Dinas.

Acara dimulai dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya secara khidmat. Lalu dilanjutkan dengan sambutan kepala sekolah, Bapak Imam Suhadi. Beliau menyampaikan bahwa sumber dana pembangunan masjid, sementara ini diperoleh dari keluarga besar SMA Negeri 1 Lumajang. Melalui acara ini beliau juga berharap agar ada banyak bantuan dana dari alumni dan warga sekitar demi terwujudnya pembangunan masjid ini.

Acara diadakan di area pembangunan Masjid Fii Sabilillah SMA Negeri 1 Lumajang.

Kemudian acara dilanjutkan dengan arahan dari Wakil Bupati Lumajang. Dalam arahannya, Bunda Indah berpesan “Belajar itu tidak hanya ilmu dunia saja, tetapi bagaimana sekolah itu bisa membentuk siswa-siswi yang ibadahnya baik, salatnya tepat waktu dan memiliki perilaku yang tidak menyimpang dari ajaran Agama Islam” harapnya. Beliau juga berharap dalam proses pembangunan masjid tersebut segera rampung sehingga bisa digunakan untuk tempat beribadah dan kegiatan keagaman Islam lainnya yang dapat meningkatkan iman dan takwa.

Arahan Wakil Bupati Lumajang terkait Pembangunan Masjid Fii Sabilillah.

Acara diakhiri dengan melakukan peletakan batu pertama oleh Bunda Indah, kemudian dilanjutkan oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Lumajang, Kepala Cabang Dinas Pendidikan Jember-Lumajang, dan Kepala SMA Negeri 1 Lumajang. Peletakan batu pertama semakin khidmat saat lantunan selawat dikumandangkan.

Peletakan batu pertama oleh Wakil Bupati Lumajang, Ibu Ir. Hj. Indah Amperawati, M.Si.

Setelah acara berakhir, panitia mendapat banyak bantuan dana secara spontanitas dari para undangan yang hadir. Menurut ketua panitia, Bapak Khoirul Ikhsan, dana spontanitas yang terhimpun selama acara ini sebesar Rp18.650.000,00. Beliau sangat berterima kasih atas terselenggaranya acara ini dengan baik dan mendapat respons yang sangat baik pula dari masyarakat. Beliau saat ditemui di area pembangunan masjid berharap agar masjid ini segera rampung sebelum beliau purna pada tiga tahun mendatang. (red:Jok)

Sebelum meninggalkan area sekolah, Bunda Indah menyempatkan berfoto dengan kepala sekolah, guru, alumni, dan beberapa siswa SMA Negeri 1 Lumajang.