Tiga Peringatan dalam Sehari di SMAN 1 Lumajang

Masa Pandemi covid-19 masih belum terkendali. Pemerintah juga masih menerapkan PPKM Darurat Level-4 untuk Kabupaten Lumajang. Meski demikian, peringatan HUT ke-76 Indonesia harus tetap dilaksanakan meskipun dalam kondisi dan situasi yang berbeda.

Bulan Agustus selain bulan Kemerdekaan Indonesia juga bertepatan dengan HUT SMAN 1 Lumajang yang diperingati setiap tanggal 1 Agustus. Pada tahun 2021 ini, momentum perayaan ini juga bertepatan dengan bergantinya tahun hijriah, yakni peringatan 1 Muharram 1443 H.

SMAN 1 Lumajang tidak ingin kehilangan momen baik seperti ini. Melalui Waka Humas, SMAN 1 Lumajang, mengadakan kegiatan Doa Bersama dalam rangka HUT ke-76 Republik Indonesia, HUT ke-61 SMAN 1 Lumajang, dan 1 Muharram 1443 H. Adapun kegiatan ini akan dilakukan secara virtual.

Acara diadakan pada 16 Agustus 2021 melalui kanal daring zoom. Acara dibuka dengan sambutan dari PLH SMAN 1 Lumajang, Muhammad Sholehudin, S.Pd., M.Pd.. Selanjutnya dilanjutkan dengan sambutan dari Pengawas Pembina SMAN 1 Lumajang, Drs. Eko Widodo, M.Pd. Pada sambutannya, pak Eko menyampaikan beberapa pesan. 1. Momen ini kita jadikan inspirasi bagi para guru, tendik, dan siswa agar jangan mau tertinggal dalam hal prestasi. 2. Sekolah ini telah menghasilkan emas berlian alumnus yang tersebar di seluruh negeri/dunia. Jayalah SMA kita selamanya. Menjadi kebanggaan kita semua. 3. Semoga momen ini pembakar semangat para siswa untuk pantang menyerah dalam mengejar mimpi hingga menembus angkasa luas yang tidak terbatas seperti yang telah dicontohkan oleh kakak-kakak senior. 4. Momen ini menjadi perekat kebersamaan kita dalam memajukan SMASA kita yang legendaris ini. 5. Dari SMASA kita wujudkan : Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh. 6. Semoga semuanya, khususnya yang hadir pada malam ini sehat wal afiat, senantiasa dalam lindungan Alloh SWT. Setelahnya, sambutan dilanjutkan oleh Kepala Cabang Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur Wilayah Jember-Lumajang, Dr., Drs. Makhrus Syamsul, M.MPd.

Acara inti dimulai dengan pembacaan Tawassul oleh Bapak Khoirul Ikhsan, dilanjutkan dengan pembacaan tahlil oleh Bapak Muhammad Sholehudin. Kemudian pembacaan istigotsah dipimpin kembali oleh Bapak Khoirul Ikhsan dan dilanjutkan dengan doa. Sebelumnya juga dilantunkan Asmaul Husnah oleh salah satu siswa, atas nama Septha Aldaenico Kafi dari kelas XI MIPA 2.

Acara yang dihadiri sekitar 120 anggota secara virtual ini merupakan rangkaian dari acara yang dimulai sejak pukul 05.00. Acara doa bersama ini sebelumnya diawali dengan kegiatan Khotmil Quran yang diikuti oleh seluruh warga SMAN 1 Lumajang. Sebanyak 150 siswa, guru, dan karyawan melakukan khotmil quran dengan pembagian yang telah diatur oleh panitia. Hingga pukul 19.00 atau sekitar waktu salat isya, pembacaan Quran telah khatam sebanyak tujuh kali.

Semoga melalui acara ini, Indonesia segera terbebas dari wabah penyakit ini. Begitu pula dengan warga SMAN 1 Lumajang, semoga melalui kegiatan ini, Allah Swt. meridhoi semuanya. Aamiin ya Robbal ‘alamin.