#SmasaSudahVaksin

#SmasaSudahVaksin

VAKSINASI TAHAP 2 DI SMAN 1 LUMAJANG

Halo teman-teman kembali lagi bersama SMAN 1 Lumajang, teman-teman pasti udah tahu kan vaksin itu sangat penting di masa pandemi seperti sekarang. Vaksin ini sangat dibutuhkan oleh semua kalangan masyarakat baik nakes, pejabat, ataupun rakyat biasa. Dengan kasus Covid-19 yang sudah menurun di Indonesia, diharapkan semua masyarakat sudah melaksanakan vaksin, baik vaksin pertama ataupun kedua. Nah, di SMAN 1 Lumajang saat ini sedang dilaksanakan vaksinasi tahap kedua yang disediakan untuk kalangan umum, baik siswa, guru, ataupun luar warga SMAN 1 Lumajang.

Pemberian vaksin Covid-19 tahap 2 dilaksanakan di SMAN 1 Lumajang  pada Senin, 27 September 2021. Kegiatan vaksinasi berlangsung di Aula SMAN 1 Lumajang mulai pukul 07.00-12.00 WIB yang diikuti oleh warga SMAN 1 Lumajang atau yang lebih dikenal dengan sebutan SMASA yang telah mengikuti vaksin tahap pertama sebelumnya.

Dalam pelaksaan vaksinasi tahap 2 ini SMAN 1 Lumajang berkerja sama dengan Polres Kabupaten Lumajang, serta pihak medis yang berasal dari tenaga medis RS. Bhayangkara Lumajang. Dengan panitia penyelenggara vaksinasi Covid-19 tahap 2 yang berasal pihak guru dan karyawan SMAN 1 Lumajang dengan ketua panitia Bapak M. Adi Indarto, S.Pd. dan Bapak Drs. Supriadi, M.Pd selaku PLt. Kepala SMAN 1 Lumajang.

Terlihat antusiasme warga SMASA dalam mengikuti pemberian vaksin kedua ini yang dibuktikan dengan jumlah peserta vaksinasi tahap 2 sebanyak kurang lebih 200 peserta baik dari pihak siswa-siswi juga dari peserta umum dan peserta yang mengikuti kegiatan ini mengantre dengan tertib berjarak beserta menerapkan protokol kesehatan yang ketat mengikuti peraturan yang ada.

SMASA sudah menyiapkan 5 ruang diantaranya yaitu ruang tunggu sekaligus ruang untuk mengisi formulir, ruangan inti yaitu ruangan yang berisi petugas ,panitia, beserta orang yang sudah siap dilakukan penyuntikan vaksinasi, dan ruang observasi. Adapun tahapan yang dilewati peserta vaksinasi meliputi :

  1. Tahap pendaftaran yaitu peserta vaksinasi akan diarahkan untuk melaksanakan cek suhu dan menyerahkan sertifikat vaksinasi tahap sebelumnya.
  2. Meja screening, pada tahap ini dilakukan sterilisasi dan pengecekan tekanan darah
  3. Meja injeksi yaitu dilakukan giat injeksi vaksin.
  4. Observasi, yaitu tahap terakhir terkait pengobservasian efek samping dan pemberian sertifikat vaksinasi.

Dengan adanya kegiatan ini diharapkan semua siswa-siswi SMAN 1 Lumajang sudah melakukan vaksinasi sehingga bisa melaksanakan pembelajaran tatap muka berjalan dengan lancar tanpa ada rasa kekhawatiran akan tertular virus Covid-19 ini, dan bagi siswa-siswi SMAN 1 Lumajang yang belum melaksanakan vaksinasi diimbau untuk segera vaksinasi. Walaupun tubuh sudah divaksin jangan, pernah lalai pada protokol kesehatan untuk mengantisipasi di masa yang akan datang. Jangan takut untuk vaksin, karena vaksin adalah upaya menjaga diri sendiri. (*Mil-Er)

Liputan oleh : Millatul Ulya (XI MIPA 5) dan Erika Wahyu (XI MIPA 2)
Dokumentasi : Lukman Misbahul Munir, S.Pd.