Penerimaan Tamu Penegak (PTP) di SMAN 1 Lumajang

Upacara pembukaan PTP

Jumat, 1 Oktober 2021 bersamaan dengan memperingati Hari Kesaktian Pancasila, SMAN 1 Lumajang menyelenggarakan kegiatan wajib tahunan yang akrab disapa dengan PTP atau Penerimaan Tamu Penegak. Kegiatan ini diperuntukkan untuk siswa/siswi kelas X. Pelaksanaan kegiatan PTP untuk tahun ini tidak berjalan sebagaimana mestinya, dikarenakan faktor global yaitu pandemi covid-19 yang tak kunjung usai. Sehingga pelaksanaan kegiatan PTP dibagi menjadi dua sesi, setiap sesi dengan jumlah peserta 161 siswa dan memiliki waktu maksimal 4 jam rangkaian kegiatan.

Kegiatan Penerimaan Tamu Penegak diawali dengan kegiatan check-in seluruh peserta kelas X sesuai dengan sesi masing-masing. Kemudian dilanjutkan dengan upacara pembukaan yang dibuka langsung oleh Bapak Adi Indarto, S.Pd. selaku Wakasek Kesiswaan SMAN 1 Lumajang. Dalam upacara pembukaan tersebut, beliau mengucapkan selamat datang kepada adek-adek siswa-siswi kelas X sebagai pramuka penegak di Gugus depan 07-117 / 07-118 Kertoadirejo Pangkalan SMA Negeri 1 Lumajang.

Seusai upacara pembukaan, kegiatan selanjutnya ada suguhan menarik dari siswa-siswi Sanggar Setaman binaan Ibu Luthfiyah Dwi A.M, S.Pd. yaitu Tari Barong. Dalam kegiatan PTP ini Dewan Ambalan Kertoadirejo bekerja sama dengan salah dua extrakurikuler yang ada di SMAN 1 Lumajang diantaranya PSHT dan PMR dan juga ada Tim Tatib dari OSIS SMASA.

Selain kegiatan dari siswa-siswi dari Sanggar Setaman dan PSHT, adek-adek kelas X juga dibekali  materi seputar tentang kepenegakan dan leadership yang masing-masing disampaikan oleh  Ahmad Afifuddin selaku Ketua DKC Lumajang dan Muchamad Taufiq, S.H.,M.H.,CLMA selaku Wakakwarcab Lumajang. Kegiatan demi kegiatan berlangsung dengan tertib dan disiplin. Sampai dipengujung acara ditutup dengan upacara penutupan yang ditutup oleh Bapak Henry Rusmawan, S.Pd. selaku Pembina pramuka SMAN 1 Lumajang. Semoga pandemi lekas berakhir sehingga kegiatan PTP di tahun mendatang lebih meriah lagi.