Pagelaran Seni SMA NEGERI 1 LUMAJANG

Pagelaran Budaya SMAN 1 Lumajang yang diselenggarakan pada hari Jumat, 11 Februari 2022 dari pukul 07.00 sampai 17.00 WIB merupakan suatu acara ujian praktik mata pelajaran Seni Budaya kelas 12. Pagelaran ini bertempat di panggung terbuka SMAN 1 Lumajang dengan didampingi guru penguji atau penilai yaitu Emmy Setyorini, S.Pd., Lutfiyah Dwi Agustin Megasari,S. Pd., dan Putri Candra Bumi, S. Pd. Pagelaran Budaya ini mempunyai kriteria yaitu mulai dari wirama, wirasa, dan wirupa yang menjadi acuan untuk penampilan yang akan dipertontonkan oleh siswa siswi kelas 12.

Persiapan sudah dilakukan sejak Desember 2021. Para dewan guru setuju dengan diadakannya pagelaran ini, menurut para guru, ini merupakan suatu langkah kemajuan dari para siswa yang sempat punah dikarenakan pandemi yang merebak. Menurut guru seni budaya yaitu Ibu Emmy, setiap tahun pagelaran kelas 12 memiliki ciri khas dan keunikan tersendiri. Pada tahun-tahun sebelumnya, karya-karya siswa dipertontonkan pada Alun-Alun kota Lumajang dan dapat disaksikan oleh umum. Namun, karena adanya pandemi tidak memungkinkan jika hal tersebut terulang kembali.

Pada tahun ini, angkatan kelas 12 berani dan antusias dalam mengikuti pagelaran. Mereka bahkan berupaya untuk dapat menyewa soundsystem dan tarup. Acara ini sejatinya didanai sendiri, diramaikan sendiri, dan ditonton sendiri. Namun, pada akhirnya kelas 10 dan 11 juga dipersilakan untuk menonton. Penyewaan tarup dan pengeras suara ini tentunya agar mereka dapat melihat kakak kelasnya tampil dengan nyaman.

Semangat yang luar biasa tertanam dalam diri siswa siswi. Kerja sama harus selalu dikedepankan karena dengan para siswa siswi kelas 12 harus mempersiapkan sebuah pertunjukkan yang benar-benar murni dari kerja keras mereka. Mulai dari hal kecil hingga hal besar harus mereka tangani sendiri dengan kekompakan satu angkatan demi kelancaran acara. Saling adu pendapat banyak terjadi bahkan sering dilakukan, namun itu semua tidak menyurutkan niat yang sudah direncanakan. Latihan hingga pulang malam menjadi cerita baru bagi para siswa siswi kelas 12 yang mengikuti pagelaran, tenaga bahkan pikiran mereka ikut terkuras habis-habisan.

Hari yang ditunggu-tunggu telah tiba, 11 Februari 2022, pagelaran tersebut ditampilkan dengan megahnya di panggung terbuka SMA Negeri 1 Lumajang. Semua persiapan sudah matang dan siap untuk dipertontonkan ada 11 penampilan. Berikut adalah data penampil yang

  1. Dasta Ibu (XII MIPA 2)
  2. Putri Angsa (XII IPS 1)
  3. Mahesasura (XII IPS 1)
  4. Anoman Obong (XII MIPA 4)
  5. Susuhunan (XII MIPA 5)
  6. Labuh Tresno ing Lereng Kelud (XII MIPA 5)
  7. Purwaangkara (XII IPS 3)
  8. Mustika Lereng Giri (XII MIPA 1)
  9. Candi Gedong Putri (XII IPS 2)
  10. Kidul dan Gundul (XII IPS 4)
  11. Ritual Seblang (XII MIPA 3)

Penampilannnya sangat memukau dengan aneka macam gerakan serta atraksi yang ditampilkan, Pagelaran 2022 ini ditutup dengan pertunjukan Ritual Seblang dari kelas XII MIPA 3 yang bertema mistis. Suasana menjadi mencekam dan merinding karena mereka menampilkannya dengan penuh dramatis. Untungnya cuaca hari itu sangat bersahabat, sehingga acara dari awal hingga akhir berjalan dengan lancar tanpa hambatan cuaca.

Ditulis oleh : Nurul Wahyu Hidayah (XI MIPA 3)