SMASA GELAR ISTIGHOSAH KUBRO MENJELANG EHB-BKS DAN US-BKS

Para siswa memadati area musala Fii Sabilillah untuk mengikuti istighosah kubro

Jumat, 4 Maret 2022 cuaca di langit tak begitu cerah, namun sangat mendukung untuk beraktivitas di luar ruangan. Di bawah redup matahari yang ditutupi awan-awan tipis, musala Fii Sabilillah SMA Negeri 1 Lumajang ramai oleh siswa kelas XII. Mereka memenuhi musala hingga meluber ke pelatarannya.

Hari itu SMA 1 Lumajang menggelar istighosah kubro dalam rangka persiapan menjelang diselenggarakannya EHB-BKS dan US-BKS. Sekitar 300 siswa tampak lebih bersahaja dalam balutan pakaian yang serba berwarna putih itu.

Para siswa dan guru khusuk mengikuti pembacaan istigotsah

Acara dimulai sekitar pukul 6 pagi dengan dibacakannya tawasul untuk para leluhur. Acara dilanjutkan dengan melakukan khotmil quran yang diikuti 30 siswa putra dan siswa putri. Sekitar pukul 7 pagi, Kepala Sekolah, Bapak Supriadi memberi sambutan. Beliau berharap melalui kegiatan ini siswa dapat lebih dekat dengan Sang Pencipta dan lancar dalam mengerjakan soal-soal ujian.

Tausiah yang disampaikan oleh Kyai Abdul Hamid

Rangkaian acara dilanjutkan dengan salat duha dan pembacaan istighosah. Salat duha diimami oleh seorang mubaligh asal Pulosari-Lumajang, Kyai Abdul Hamid, Pengasuh Pondok Pesantren Raudlatul Qur’an. Setelah sekitar satu jam salat dan istighasah, Kyai Abdul Hamid memberikan tausiah pada seluruh siswa.

Dalam tausiahnya, beliau berpesan pada seluruh siswa untuk selalu menjaga salat dan selalu berbuat baik pada orang tua. Ujian sekolah adalah hal kecil, akan ada ujian-ujian kehidupan yang lebih berat tanpa ada try out dan pemberitahuan kapan ujian itu diselenggarakan. Pesan beliau, doa dari orang tua adalah segalanya, oleh karena itu beliau sangat menekankan untuk berbuat baik pada kedua orang tua.

*Jok